Berlatih Menjadi Baik

Posted on 16.06.2010

0


Percaya atau tidak, baik dan buruk tingkah laku seseorang sesuai dengan latihan hidup yang selama ini dijalaninya.

Ingatkah kita saat pertama kali kita dilahirkan, kita tidak bisa apa – apa. Kita tidak bisa berjalan, tapi kemudian kita berlatih untuk mencoba berjalan. Kita tidak bisa berbicara, tapi kemudian kita berlatih untuk mencoba berbicara. Hingga akhirnya kita dapat berjalan dan berbicara karena banyak berlatih untuk hal tersebut.

Manusia saat lahir fitrahnya adalah baik, kemudian faktor didikan dan lingkunganlah yang menentukan apakah dia akan menjadi baik atau tidak. Tidak hanya faktor – faktor itu saja, tapi ada faktor lainnya yang paling menentukan yaitu faktor latihan. Orang menjadi baik kalau dia melatih dirinya untuk menjadi baik, dan orang juga menjadi jahat kalau dia melatih dirinya untuk menjadi jahat.

Tidak sedikit kita temukan orang yang dididik menjadi baik dan tinggal di lingkungan yang baik, tapi menjadi tidak baik. Orang ini menjadi tidak baik karena dia melatih dirinya untuk menjadi tidak baik. Tidak sedikit pula kita temukan orang yang dididik menjadi tidak baik dan tinggal di lingkungan yang tidak baik, tapi akhirnya dia menjadi baik. Orang ini melatih dirinya untuk menjadi baik. Lihatlah ada saja anak ustad, kiai, tokoh adat dan tokoh ulama yang menjadi tidak baik. Dan ada juga anak penjahat yang menjadi baik.

Tapi tidak lantas didikan dan lingkungan tidak memberikan andil. Karena didikan dan lingkunganlah asal muasal contoh latihan menjadikan diri baik. Tapi yang paling menentukan adalah latihan yang dilakukan diri sendiri (faktor internal manusianya).

Clue :

“Kalau Menjadi Tidak Baik itu Mudah, Tentunya Menjadi Baik Juga Mudah”.
“Latih Diri Menjadi Baik Menjadikan Diri Lebih Baik, Baik Bagi Diri Sendiri Maupun Orang Lain”.
“Didikan baik dan lingkungan baik mengarahkan diri kita untuk berlatih menjadi baik”

Posted in: Uncategorized